Inspirasi Dari Helen Keller

Foto - Wikimedia
Kutipan pembuka di bagian atas blog Bangun Karakter ini berasal dari seorang wanita luar biasa.

Helen Adams Keller.

Penulis buku. Aktivis politik. Dosen.

Tentunya bukan sebuah hal yang aneh atau terlalu luar biasa kalau dibandingkan dengan peran wanita di abad ke-21 ini. Sudah banyak sekali wanita yang berhasil mencapai prestasi tersebut dan bahkan melebihinya.

Tetapi, tahukah Anda mengapa kutipan wanita ini yang dipilih untuk ditampilkan di layar atas?

Alasan yang mungkin sama dengan yang menyebabkan mengapa kisah hidupnya dijadikan sebagai sebuah film dengan judul yang sama dengan namanya. Film yang kemudian menyabet 2 buah Piala Oscar dan menginspirasi ribuan, bahkan jutaan orang.

Bila Anda ingin tahu, silakan lanjutkan membacanya.

Helen Keller : Buta dan Tuli

Ya. Benar.

Kalau Helen Keller seorang wanita normal, maka pencapaiannya bisa dianggap tidak fenomenal. Biasa saja, meskipun sebenarnya pada awal abad ke-20, bahkan bila ia normal sekalipun pencapaiannya sudah cukup luar biasa.

Pada masa itu, wanita Indonesia masih terkungkung antara dapur, kasur saja. Sedangkan wanita ini sudah melanglang buana dalam keterbatasannya.

Terlebih lagi adalah kondisi fisiknya yang "cacat" dalam artian sebenarnya.

Buta dan Tuli. Helen Keller adalah seorang tuna netra dan tuna rungu. Bukan hanya satu, tetapi dua sekaligus kelemahan yang dimilikinya. Ia menjadi cacat setelah terserang penyakit pada usia 19 bulan dan sejak itu ia tidak lagi mampu melihat atau mendengar.

Nah, bukankah sangat luar biasa.

Dalam kondisi yang sedemikian rupa, kalau di Indonesia, sering dimanfaatkan untuk meminta belas kasihan dari orang lain, tetapi tidak untuk Helen.

Ia secara total menerbitkan 12 buah buku dalam huruf normal maupun braille (huruf untuk orang buta).  Salah satu diantaranya merupakan biografi yang berjudul The Story of My Life yang ditulisnya sendiri. Buku ini akhirnya diterjemahkan dalam 50 bahasa.

Helen juga menjadi pendiri beberapa yayasan untuk membantu para tuna netra di Amerika dan di dunia. Ia juga aktif memberikan kuliah di berbagai universitas di negeri Paman Sam.

Berbagai penghargaan diberikan kepadanya untuk semua yang telah dilakukannya.

Setelah mengetahui ini, tentu Anda tidak heran lagi mengapa saya memutuskan untuk memajang kutipan darinya di dalam blog ini.

Helen Keller Mengalahkan Keterbatasan

Dengan keterbatasan yang luar biasa seperti itu biasanya seseorang akan patah arang. Banyak orang akan membiarkan dirinya bergantung pada orang lain.

Helen Keller tidak.

Ia mampu membuktikan bahwa dirinya mampu untuk berdiri sendiri dan berkontribusi bagi orang lain. Melakukan hal-hal yang bahkan banyak orang normal belum tentu mampu melakukannya.

Karakternya yang pantang menyerah itulah yang membuatnya berhasil mengatasi segala keterbatasan yang dimilikinya. Pejuang yang tangguh dan tidak pernah menyerah.

Bayangkan saja, Helen lulus universitas tidak berbeda dengan mahasiswa lainnya. Ia pun menguasai beberapa bahasa, seperti Perancis, Yunani, Latin, dan Jerman.

Tanpa memiliki karakter pantang menyerah, maka mungkin dunia tidak akan pernah mengenal namanya. Ia mungkin akan sama dengan banyak orang-orang cacat lainnya yang bergantung dan mengemis akan kebaikan orang lain.

Tidak heran, film yang bercerita tentang dirinya, bahkan hingga saat ini tetap bisa menginspirasi jutaan orang.

Bagaimana dengan Anda? Pernahkah menonton film berjudul "Helen Keller".

Kalau belum, segeralah cari filmnya dan cobalah meniru karakter seorang wanita yang tidak pernah mau menyerah pada keterbatasannya.




Belum ada Komentar untuk "Inspirasi Dari Helen Keller"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel