Tepat Waktu Merupakan Bentuk Penghormatan

Tepat Waktu Merupakan Bentuk Penghormatan

Jam karet, atau kebiasaan untuk tidak tepat waktu adalah salah satu ciri khas dari masyarakat Indonesia. Mayoritas dari orang Indonesia susah sekali untuk datang tepat waktu kalau membuat janji. Banyak alasan yang dikemukakan, seringnya adalah jalanan macet yang menjadi penyebab.

Padahal, memiliki kebiasaan datang tepat pada waktunya memiliki banyak makna. Salah satunya adalah tentang bagaimana kita memandang seseorang, penting kah, kurang penting, atau sama sekali tidak penting.

Sudah biasa terjadi, kalau orang dengan siapa kita berjanji memiliki pangkat lebih tinggi, atau terkenal, maka biasanya yang kita lakukan adalah mempersiapkan diri agar bisa datang pas pada waktunya. Bahkan tidak jarang kita bersedia menunggu lama karena kita tidak mau mereka kecewa.

Hal itu karena kita memandang mereka sebagai "orang penting" yang layak dihormati. Tentunya, juga karena kita tidak mau kena marah.

Sebaliknya, kalau orang tersebut hanyalah seorang teman, kerap kita menggampangkan dengan berkata "Ah, teman ini". Tidak jarang juga kita mewujudkannya dalam bentuk datang terlambat dan seringnya tanpa memberi kabar. Disini terlihat kalau kadar penghormatan kita kepada mereka berbeda dengan cara kita ke atasan. Ada sikap memandang remeh dan menganggap diri kita lebih tinggi.

Hal semacam ini bukan sebuah hal yang asing dalam masyarakat Indonesia.

Kedudukan seorang "teman" dianggap tidak penting dan tidak perlu dihormati. Meskipun dari mulut biasanya terucap bahwa kita menghormati teman juga, sebenarnya hal itu dibantah dengan kebiasaan tidak tepat waktu itu.


Seorang yang memang menghormati orang lain akan melakukannya dalam bentuk tindakan dan bukan sekedar kata-kata saja. Mau berpuluh kali berkata "saya hormat kepada teman" tetapi saat berjanji tidak bisa datang tepat waktu, maka ucapan itu tidak bermakna apa-apa.

Baik atasan, tamu, atau teman, jika kita menghormatinya maka hal itu haruslah diwujudkan dalam bentuk tindakan yang sama. Kalau kita berjanji, maka penuhilah janji itu, dan datanglah tepat waktu.

Kurang dari itu, berarti kita tidak menghormati mereka.

Belum ada Komentar untuk "Tepat Waktu Merupakan Bentuk Penghormatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel